PENGARUH PENGGUNAAN SMARTPHONE SEBAGAI MEDIA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA


PENGARUH PENGGUNAAN SMARTPHONE SEBAGAI MEDIA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA JURUSAN PIPS UINMALANG ANGKATAN 2013 PADA SEMESTER GASAL 2013/2014

Kata kunci: smartphone, Motivasi, hasil belajar

Smartphone adalah piranti telepon genggam yang memiliki banyak fungsi (multifungsi), hal ini dapat digunakan untuk fungsi komputer, ung sitelepongenggam (sebagai basis fungsihp),danfungsi GPS sertafungsi audio,Visual, dan lain-lain. Hal ini memungkinkan smartphone dapat digunakan sebagai media belajar. Karena dapatdigunakan untuk searching di internet, kemampuan memanipulasi objek dan kemudahan mengakses social media sehingga dapat digunakan untuk saling berkolaborasi.Penggunaan smartphone sebagai media belajar timbul karena inisiatif setiap individu, sehingga pada ahirnya hal ini akan dapat menimbulkan motivasi kepada mahasiswa, selanjutnya akanberdampak pada hasil belajar. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan smartphone terhadap motivasi, (2) untuk mengetahui apakah ada pengaruh motivasi terhadap hasilbelajar, dan (3) untuk mengetahui apakah smartphone sebagai media belajar berpengaruh terhadap hasil belajar melalui motivasi.

Penelitian ini dilakukan dijurusan PIPS FITK UIN Maliki Malang, dengan menggunakan metodekuantitatif, berjenis korelasional. Data yang dikumpulakan dari penelitian ini adalah penggunaan smartphone sebagai media belajar dan motivasi dengan menggunakan angket, dan hasil belajar dengan menggunakan dokumentasi Indeksprestasi(IP).

Berdasarkanhasilpenelitiandiketahuibahwa (1) ada pengaruh smartphone sebagai media belajar terhadap motivasi, besar pengaruhnya adalah sebesar 3,766 dan koefisien jalur (Beta) adalah 0,532. (2) Ada pengaruh Motivasi terhadap hasil belajar, besar pengaruhnya adalah sebesar 3,821 sementara koefisien jalur (Beta) adalah sebesar 0,537, dan (3) ada pengaruh penggunaan smartphone sebagai media belajar terhadap hasil belajar melalui motivasi besar pengaruhnya adalah sebesar 0,29, yang berarti mempunyai pengaruh sedang.


Related Posts:

0 Response to "PENGARUH PENGGUNAAN SMARTPHONE SEBAGAI MEDIA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA"

Post a Comment